Rabu, 13 Agustus 2014

Fisioterapi

Fisioterapi adalah suatu pelayanan kesehatan professional yang menangani permasalahan gangguan fisik dan fungsi gerak tubuh melalui berbagai terapi fisik. Fisioterapi akan membantu meredakan rasa sakit seperti; cedera olah raga, arthritis, sakit pada leher dan punggung dan berbagai nyeri otot lainnya, dan secara perlahan membantu anda untuk dapat beraktifitas kembali secara normal.

 Orang yang menjalankan pelayanan Fisioterapi disebut Fisioterapis. Fisioterapis adalah seseorang yang telah lulus pendidikan fisioterapi sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sejarah Fisioterapi

Profesi fisioterapis sebenarnya sudah ada sejak jaman Yunani kuno, dimana masih dikenalnya dunia para dewa mitologi. Seorang tokoh bernama Hippocrates dan Galenus dipercaya adalah seorang fisioterapis pertama yang dikenal didunia menggunakan terapi dengan cara pijatan, terapi manual dan teknik hidroterapi pada tahun 460 Sebelum Masehi.

Ada berbagai macam jenjang pendidikan Fisioterapi di Indonesia saat ini yaitu: D3, D4 dan S1+Pendidikan Profesi, gelar pendidikan Fisioterapi di Indonesia adalah: D3 (A.Md.Ft), D4 (S.St.Ft) S1 (S.Ft) dan gelar pendidikan profesi Fisioterapi disebut dengan "Physio"

Dan,pendidikan Fisioterapi yang aku  ambil yaitu S1 Fisioterapi UMM,
merupakan satu-satunya S1 Fisioterapi di Jawa Timur, yang disiapkan untuk mencetak Sarjana Fisioterapi yang mampu memberikan layanan kesehatan untuk individu dan atau kelompok dengan mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan keilmuan yang kokoh dan ketrampilan yang handal dan mampu menjawab tantangan globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar